Atasi Batuk dan Pilek Dengan Yang Alami

Cuaca menjadi faktor pendukung untuk tubuh mengalami pilek dan batuk, apalagi untuk anak-anak. Obat warung atau obat biasa menjadi pilihan kebnyakan orang, bahkan orang tua. Ada beragam cara selain mengkonsumsi obat berbahan kimia, satu dari banyak cara tersebut ramua biji cengkeh dan daun jeruk yang diseduh dengan air panas adalah salah satunya.

Cara lain juga bisa dicoba untuk atasi batuk dan pilek, misalnya dengan kunyit. Untuk proses pembuatannya campurkan saja satu jumput kunyit yang telah dihaluskan atau bubuk kunyit kedalam makanan yang biasa dikonsumsi, untuk anak bisa dicampurkan dengan susu. Lakukan sebanyak dua kali sehari.

Dan gejala pilek yang paling merepot adalah hidung tersumbat, untuk mengatasi kondisi ini bisa dengan minum air hangat yang telah dicampur satu sendok madu dan lemon. Air campuran tersebut bisa melegakan tenggorokan dan mengatasi infeksi.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Telinga Akibat Radang Tenggorokan

Penguapan bisa menjadi pilihan terbaik untuk anak, uang air hangat bisa redakan batuk dan pilek, serta melancarkan kembali hidung tersumbat. Caranya, nyalakan atau siapkan air panas di kamar mandi, tutup semua ventilasi dan pintu untuk menghasilakn uap. Lalu kita atau anak masuk ke kamar mandi tersebut, pastikan tidak ada celah terbuka. Duduk manislah selama 15 - 20 menit.

Lakukan penguapan tersebut sebanyak dua kali sehari, sampai batuk dan pilek menghilang.

Pilihan terakhir untuk atasi batuk dan pilek dengan yang alami adalah pemijatan. Pijat-pijat dada menggunakan minyak penghangat, seperti minyak kayu putih. Pemijatan pada dada tersebut bisa melancarkan pernapasan. Untuk anak pastikan gerakan memijatnya selembut mungkin, dan pakai minyak telon atau kayu putih.

Apabila cara-cara diatasi tidak juga membuahkan hasil, segera hubungi dokter untuk mendapatkan tindakan medis.

Sumber: intisari-online.com
Sumber foto: William Brawley – flickr.com (CC BY 2.0)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Atasi Batuk dan Pilek Dengan Yang Alami"

Posting Komentar